Aneka Resep

Buat Ikhwan wa Akhwat Fillah,

Allhamdulillah ada resep makanan yang oke punya kiriman dari temen-temen pecinta masakan… 😀

Biar lebih bermanfaat lagi, ga ada salahnya juga klo antum mencoba salah satu dari resep masakan tersebut. N buat yang ikhwannya ga usah malu klo mau mencobanya, coz banyak para akhwat yang seneng punya suami yang pinter masak…he he he…

Akhir kata SELAMAT MENCOBA

Wassalamualaikum wr wb

 

Ada baiknya sebelum mencoba aneka masakan tersebut klo antum semua harus tahu juga bumbu dasar yang sering digunakan, n berikut bumbu-bumbunya :

 

Bumbu Dasar Kuning

=================

Digunakan untuk : Opor, Sayur Berkuah Santan, Pepes dan Serundeng

Bahan :

100 gr kemiri

150 gr bawang putih

500 gr bawang merah

25 gr kunyit

20 gr jahe

20 gr lengkuas

1 sdm merica bubuk

2 1/2 sdt garam

2 sdt gula pasir

200 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campurkan 150 ml minyak goreng dengan semua bahan kecuali gula pasir. Blender hingga lembut.
  2. Panaskan 50 ml minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga aromanya wangi.
  3. Tambahkan gula pasir, tumis hingga matang. Angkat, bumbu siap digunakan.

Bumbu Dasar Oranye

=================

Digunakan untuk : Tumis, Nasi Goreng dan Rica – Rica

Bahan :

300 gr cabe merah, buang bijinya

1 sdt jintan

1 sdt adas manis bubuk

2 1/2 sdm ketumbar bubuk

100 gr kemiri

150 gr bawang putih

500 gr bawang merah

25 gr kunyit

20 gr jahe

20 gr lengkuas

2 sdt merica bubuk

3 1/2 sdt garam

2 sdt gula pasir

300 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur 150 ml minyak goreng dengan semua bahan kecuali gula pasir. Blender hingga lembut.
  2. Panaskan 150 ml minyak goreng, tumis bumbu hingga harum.
  3. Tambahkan gula pasir, masak hingga bumbu matang dan kalis. Angkat. Dinginkan, siap digunakan.

Bumbu Dasar Putih

================

Digunakan untuk : Soto, Opor Putih dan Sayur Besengek

Bahan :

250 gr bawang merah

100 gr bawang putih

50 gr kemiri

3 cm lengkuas, iris halus

2 sdt garam

2 sdt gula pasir

200 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur 100 ml minyak goreng dengan semua bahan kecuali gula pasir. Blender hingga halus, sisihkan.
  2. Panaskan 100 ml minyak goreng, tumis bumbu hingga harum
  3. Tambahkan gula pasir, tumis hingga matang dan kering. Angkat. Dinginkan, bumbu siap digunakan

Bumbu Dasar Merah

=================

Digunakan untuk : Sambal Goreng, Rendang, Kalio dan Balado

Bahan :

400 gr cabe merah, buang bijinya

100 gr bawang merah

50 gr bawang putih

100 gr tomat merah

20 gr terasi

100 gr gula pasir

15 gr garam

200 minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur 100 ml minyak goreng dengan semua bahan kecuali gula pasir, haluskan.
  2. Panaskan 100 ml minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan gula pasir, tumis hingga kalis dan matang. Angkat, bumbu siap digunakan.

Bumbu Dasar Merah

Sumber: Maj. Sedap Sekejap

Bahan:

25 bh cabe merah

15 btr bawang merah

6 bh bawang putih

3 bh tomat

2 sdt terasi

½ sdm garam

2 sdm minyak sayur.

Cara membuat:

haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi dan garam.

Aduk bersama minyak.

Bagi menjadi 5 bagian. Simpan tiap bagian dalam wadah kering dan bersih. Tiap bagian bisa untuk membuat sambal balado (ayam, teri, babat, atau paru), dll.

Bumbu Dasar Putih

Sumber: Maj. Sedap Sekejap

Bahan:

25 btr bawang merah

20 btr kemiri, sangrai

10 siung bawang putih

sdm garam

3 mata asam

2 sdm minyak

Cara Membuat :

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan garam. Tambahkan asam yang dilarutkan bersama 3 sdm air. Aduk rata

Campur dengan minyak goreng. Aduk rata. Bagi 4 bagian dan simpan masing-masing dalam wadah bersih. Tiap bagian bisa digunakan untuk membuat sayur asem, opor, lodeh, bobor, soto.

Bumbu Dasar Kuning

Sumber: Maj. Sedap sekejap

Bahan:

25 btr bawang merah

6 bh bawang putih

4 bh cabe merah

10 btr kemiri

20 cm kunyit

5 cm jahe

5 cm lengkuas

½ sdm garam

2 sdm minyak sayur.

Cara membuat:

haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan garam

aduk bersama minyak. Bagi menjadi 3 bagian. Simpan tiap bagian dalam wadah kering dan bersih. Tiap bagian bisa digunakan untuk bumbu ayam goreng, gorengan tahu, otak, kalio atau masakan lain yang menggunakan banyak kunyit.

 

 

Pempek Palembang

 

Bahan bahan pempek :

– Sagu atau tapioka (250 gram)

– Ikan giling atau fish paste ( 500 gram)

– Garam secukupnya

– Bumbu penyedap secukupnya

– Air hangat

Bahan cuko/kuah pempek :

– Gula merah jawa secukupnya (sampe warna air hitam)

– Cabe rawit secukupnya

– Bawang Putih secukupnya

– Merica seujung sendok teh

Cara memasak Pempek :

1. Aduk sagu dengan ikan giling, berikan garam dengan bumbu penyedap hingga berbaur, jangan sampai terlalu rata adukannya

2. Apabila sudah bercampur, siram dengan air hangat hingga adukan lunak

3. Rebus (jadikan bentuk bulat atau lonjong) hingga pempek mengapung, angkat, tiris, lalu goreng atau siap dimakan

Mengolah Cuko/kuah Pempek :

1. Rebus gula merah sampe airnya berwarna hitam, jangan sampe kental, masukkan bawang putih dan merica serta cabe rawit ditumbuk halus

2. Setelah kurang lebih 30 menit angkat, dan siap dihidangkan bersama pempek

Rahasia : Adukan sagu sama ikan harus 1: 2, dan di aduk jangan terlalu merata.

 

 

TOM YAM GOONG SOUP

Kaldu :

– 1800 kaldu udang/ayam/air

– 3 batang serai, memarkan

– 3 cm jahe, memarkan

– 3 lembar daun jeruk

– 4 sdm kecap ikan/nampla sauce

– 1 cm lengkuas, memarkan

– 2 sdt sdm minyak cabai

– 1/2 sdt garam halus

– 3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik

– 1 siung bawang putih, memarkan

Bahan Isi :

– 300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan

– 100 gr jamur merang

– 8 buah cabai rawit, biarkan utuh

– 1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong

– 5 lembar daun ketumbar, iris halus

– 2 lembar daun jeruk, iris halus

– 5 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat :

1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring.
2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat
. sajikkan panas.

 

 

 

 

Pindang Tulang(khas palembang)

 

Bahan :

– tulang iga sapi atau daging tiris

– jahe diiris halus

– kunyit diiris halus

– terasi diaduk pake air(kental) (secukupnya)

– kecap manis (secukupnya)

– kecap asin (secukupnya)

– daun semangi (secukupnya)

– lengkuas (diiris halus secukupnya)

– cabe rawit (secukupnya)

– mentega blueband secukupnya

– bumbu penyedap secukupnya

– Bawang merah/bombay secukupnya

– bawang putih secukupnya

– cabe giling secukupnya

– garam secukupnya

– merica secukupnya

Note : Perkiraan bumbu tergantung dari berapa banyak daging sapi yang akan dimasak !

Cara membuat :

1. Tumis jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, merica, garem, mentega blueband, serta ditambah minyak sayur secukupnya

2. Tumisan harus berserta minyak dan menteganya sampai berkuah, setelah harum angkat

3. Rebus daging sapi sampe lunak, setalah lunak masukan hasil tumisan tadi, dan terasi yang diaduk dengan air secukupnya. (terasi dibakar dulu)

4. Tambahkan kecap manis dan asin, dan daun semangi serta cabe rawit yang dipotong dua bagian. (cabe hijau is OK)

5. Coba dicicipi, buat rasanya sesuai selera anda !

 

 

 

 

 

 

 

Komentar
  1. yugie mengatakan:

    Ass ; Subhanallah akhi resep masakannya banyak sekali, pasti pinter masak ya….?wah perlu dicoba nih…apalagi buat anak kos, kalo masak kan bisa lebih murah….(hi…hi…),cuma bisa gak ya,….ya Bismillah aja, kalo dicoba Insya Allah pasti bisa!Afwan akhi, mau minta izin copy resepnya ya…, do’ain smoga BeRhAsIl ….Jazakallahu Khr.Ktsr

  2. aishcha mengatakan:

    kalo mau buat pempek…ga harus 1 : 2 antara sagu dan ikannya

    1 : 1 pun sudah cukup enak, asal tau triknya

    pembuatan pempek ga tergantung bahan sih, yang penting keahlian si pembuat…

    sebagai orang palembang, diriku wajib meluruskan…

  3. dena mengatakan:

    untuk resep pempek, sebaiknya menggunakan air dingin biar lebih kalis/kenyal. jgn air hangat. coba deh,,

  4. laila mengatakan:

    syukrn akhi tas resep nxa.mau q coba dipndok ma temen2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s