Hai mujahid muda
maju kehadapan
sibakkan penghalang
satukan tujuan
kibarkan panji Islam dalam satu barisan
Bersama berjuang kita junjung keadilan

Jangan bimbang ragu
Tetaplah melaju
Hapus bayang semu
Di lubuk hatimu
Bergerak kedepan bagai gelombang samudra
Lantakkan tirani runtuhkan angkara murka

Majulah wahai mujahid muda
Dalam satu cita tegak keadilan
Singkirkan batas satukan kata
Kebangkitan Islam telah datang

Mungkin anda pernah mendengar lirik lagu ini, yup lagu yang dibawakan Izzatul Islam dengan penuh semangat ini memberikan ghiroh tersendiri akan cita-cita kedepan seorang muslim. Cita-cita yang sejak dini mulai dirangkai hingga menjadi sebuah masterpiece kehidupan islami keluarga.

Membentuk keluarga seperti yang diinginkan memang tidaklah mudah, dibutuhkan tauladan dari lingkungan sekitarnya. Peran orangtua Abi & Umi menjadi indikator keberhasilan akan cita-cita yang diharapkan. Memberikan contoh ke anak tersebut klo di NLP disebutnya “modeling”.

Bandura (dalam Hall & Lindzey, 1995) menyebutkan beberapa tahapan hingga seseorang bisa meniru sebuah perilaku.

1. Atensi (perhatian)

Jika kita ingin mempelajari sesuatu, maka kita harus memperhatikannya dengan seksama. Semakin banyak hal yang mengganggu perhatian kita, maka proses belajar akan semakin lambat. Segala hal yang mudah sekali menarik perhatian kita, maka hal tersebut akan mudah sekali untuk kita perhatikan. Misalnya: diantara puluhan balon putih, ada sebuah balon merah. Balon merah ini akan lebih menarik perhatian kita dibandingkan balon yang lain. Seperti halnya ketika anak melihat perilaku baru yang pertama ia lihat, pasti hal ini akan juga menarik perhatiannya.

2. Retensi (ingatan)

Setelah memperhatikan sesuatu, maka seseorang akan menyimpan informasi atau hal yang diperhatikannya ke dalam ingatan. Informasi yang dipertahankan (diingat), suatu ketika dapat kita “panggil kembali” hal yang kita simpan tadi dalam bentuk perilaku. Misalnya saat pertama anak melihat ibunya membentak kakaknya, anak menyimpan memori ini, hingga suatu ketika ia akan melakukan hal yang sama.

3. Reproduksi

Sebuah proses menerjemahkan hal atau informasi yang telah kita simpan ke dalam perilaku aktual. Untuk dapat memproduksi sebuah perilaku tertentu, sebelumnya kita harus pernah melakukan sesuatu perilaku itu sebelumnya. Misalnya, bermain ski. Meskipun kita menonton seharian lomba ski, namun kita tidak dapat memproduksi perilaku bermain ski seperti yang diperagakan sebab kita tidak dapat bermain ski. Namun jika kita sebelumnya telah terlatih bermain ski namun belum mahir, maka kita hanya dengan menonton permainan itu dapat mereproduksi gerakan permainan ski yang lebih bagus.

4. Motivasi

Segala hal yang mendorong seseorang untuk melakukan sebuah perilaku tertentu. Kita tidak akan dapat melakukan apapun jika tidak ada motivasi dari dalam diri untuk meniru. Motivasi dapat timbul dari dalam diri atau dari lingkungan, dari dukungan lingkungan sekitar, atau dari sesuatu yang kita harapkan.

Kembali ke judul(not kembali ke laptop mr. tukul) :

kesimpulannya dari yang disampaikan diatas adalah jika memang kita mengharapkan anak-anak kita bisa menjadi apa yang diinginkan keluarganya, yuks jadikan model yang positif diri kita untuk cita-cita yang diharapkan. Dimulai dari hal yg kecil dalam rumah tangga seperti: kebiasaan sholat sunnah, memberi salam, berbicara lembut dll, satu lagi selalu bersikap positif yang ga kalah penting. InsyaAllah dengan demikian segala akan dimudahkan Allah SWT. Amiin..

Semoga nanti Mujahid kecilku dapat meneruskan cita-cita perjuangan ini Amiin Ya Allah ya Rabbal Aalamin.

Dari dan untuk keluarga muslim.

Komentar
  1. Zahra mengatakan:

    Aamiin ya Robbal ‘alamin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s